Beberapa Cara Menghadapi Persaingan Pasar

Posted by

Persaingan Bisnis
Beberapa Cara Menghadapi Persaingan Pasar - Bukanlah perkara yang mudah memulai usaha baru, berbagai tantangan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Adanya persaingan pasar memang bukan hal yang baru dalam menjalankan bisnis. Baik usaha yang memang memiliki peluang pasar cukup bagus atau pun peluang usaha yang pasarnya tidak bagus. Bagus tidaknya peluang usaha disini tentunya kita ukur dengan tingginya permintaan pasar.

Maraknya pertumbuhan usaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat. Keadaan ini tentu saja memaksa
para pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran mereka. Berbagai macam cara yang  seorang pengusaha lakukan agar usahanya tidak kalah bersaing dengan pengusaha lainnya, sehingga masih bisa bertahan bahkan berkembang ditengah persaingan pasar yang semakin ramai. 


Ada beberapa tips yang bisa di lakukan untuk menghadapi dan memenangkan persaingan pasar. Yaitu :
  • Mengamati pasar dan mengenali para pesaing kita. Dalam menghadapi persaingan, terlebih dulu kita harus melihat potensi pasar yang ada. Serta mencari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini,sehingga kita tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Dengan mengetahui siapa pesaing kita, secara tidak langsung menentukan bagaimana cara menghadapinya. 
  • Menciptakan produk yang berbeda. Dengan menciptakan produk yang lebih unik dan belum ada di pasaran, maka produk kita memiliki nilai lebih dimata para konsumen. Produk yang unik dan berbeda, memiliki ciri khas tertentu dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka lebih mengenali produk kita dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
  • Menonjolkan segala keunggulan produk kita. Fokuskan diri untuk lebih menonjolkan keunggulan produk kita, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima yang selama ini kita tawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk kita akan semakin meningkat.
  • Mempelajari semua kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara ini kita bisa mengetahui kelebihan apa yang dimiliki pesaing kita dan memanfaatkan kelemahan pesaing sebagai peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Ciptakan produk yang tidak diciptakan pesaing kita, atau berikan pelayanan yang tidak di sediakan oleh pesaing kita. Sebab dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki pesaing, maka peluang kita untuk memenangkan pasar semakin terbuka.
  • Menawarkan harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing, bukan berarti kita harus menurunkan harga dan memperbesar kerugian usaha kita. Strategi ini bisa kita lakukan dengan cara, memberikan bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya bila pesaing kita menjual produk dengan harga yang lebih murah, maka untuk menghadapinya kita bisa menawarkan bonus “beli 2 gratis 1”. Jadi harga produk kita masih bisa bersaing, tanpa harus menurunkan harga dengan drastis.
  • Membuat event untuk mempromosikan produk-produk kita. Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha, karena minat konsumen untuk berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Lihat saja event diskon besar-besaran sepatu dan sandal merek crocs, yang tahun 2010 lalu berhasil membuat salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta penuh antrian konsumen.
Semoga bermanfaat.....


Blog, Updated at: 08.34

0 komentar:

Posting Komentar