Cara yang ampuh dalam menghadapi persaingan bisnis

Posted by

Tips Bisnis
Cara yang ampuh dalam menghadapi persaingan bisnis - "Banyak jalan menuju Roma" ungkapan tersebut sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari – hari. Tidak ada yang salah dengan ungkapan tersebut. Tinggal kita bagaimana cara menempuhnya, mau jalan yang lambat atau cepat? 

Demikian juga dalam dunia bisnis, banyak juga jalan untuk menuju gerbang
kesuksesan. Jalan itu tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, sebagai contoh apabila kita mendaki gunung dan ingin mencapai puncaknya harus melewati jalan yang terjal untuk mencapai puncaknya. Seperti itu apabila kita mau mendapatkan kesuksesan dalam dunia bisnis. Dan di dunia yang serba modern ini banyak persaingan dalam dunia bisnis.


Ada beberapa cara ampuh dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yaitu adanya keberanian (courage), kualitas (quality), fokus (focus), kerja keras (hard Work).

  • Keberanian, karakter awal untuk menjadi seorang pengusaha adalah mempunyai sikap berani. Keberanian ini dengan menghilangkan atau melawan rasa takut itu dari diri kita sendiri. Dengan begitu seorang pengusaha berani melawan tantangan yang ada di lapangan serta berani mengambil resiko dan tindakan pada saat ada peluang dan kesempatan sekecil apapun itu. Dan mampu memotivasi dan mendukung para tim kerjanya untuk berjuang dalam menjalankan bisnis jauh ke depan.
  • Kualitas, yang pertama adalah kualitas dari SDM. Ini sangat berpengaruh dalam perjalanan bisnis yang akan dijalankan karena bisa mencakup semuanya sehingga bisnis dapat berjalan lancar. Pemilihan SDM yang kompetitif dan memberikan standar yang sesuai dengan bidangnya, misalnya standar dalam pendidikan, pengalaman dalam bidang yang dikuasainya. Sehingga dengan begitu bisa memberikan energi positif untuk perusahaan itu sendiri dan pelayanan terbaik bagi calon konsumen. Yang kedua, kualitas produk yang akan dipasarkan. Dewasa ini konsumen semakin pintar untuk menentukan produk yang akan dipakainya. Sehingga sebagai seorang pengusaha harus jeli membaca kebutuhan pasar yang sedang trend saat ini. Menciptakan citra produk dengan memberikan harga yang bersaing dan kulitas produk yang bagus serta mampu memberikan manfaat yang positif dari produk  tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan kepuasan bagi konsumen.
  • Fokus, konsisten dengan apa yang sedang dijalankan sekarang. Tetap berpegang pada visi dan misi yang dijalankan. Dan tidak membuka bisnis lain yang akan membuat fokus kita terbagi sehingga tidak bisa mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan sekarang secara maksimal.
  • Kerja keras, Henry Wadsworth Longfellow mengatakan, kesuksesan dicapai orang-orang besar. Tidak diperoleh dengan tiba-tiba. Sementara rekan-rekan mereka tidur, mereka kerja keras. Ungkapan tersebut sangatlah benar. Apabila ingin mendapatkan pencapaian yang besar kita harus bisa menghargai waktu dan energi kita dengan sebaik-baiknya serta bekerja keras lebih dari orang lain lakukan. Dengan begitu kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Itulah cara ampuh dalam menghadapi persaingan bisnis yang sudah diuraikan. Dan tidak lupa juga untuk selalu berdoa sehingga semuanya berjalan secara berkesinambungan dan dalam perjalanannya tidak muncul masalah yang berarti.


Semoga bermanfaat........


Blog, Updated at: 09.02

0 komentar:

Posting Komentar