10 Manfaat dari sebuah Perselisihan dan Pertengkaran

Posted by

Pertengkaran seru

10 Manfaat dari sebuah Perselisihan dan Pertengkaran - Perselisihan atau pertengkaran adalah hal yang paling di hindari. Sebab hal tersebut tak jarang bisa menghancurkan sebuah hubungan. Tapi tahukah sobat, ternyata di balik keburukan sebuah pertengkaran ternyata ada juga sedikit manfaat dari pertengkaran itu.  

Tapi hal itu bisa terjadi kalau kita bisa mengambil hikmah dan sisi positif dari sebuah perselisihan. Untuk bisa mengambil hikmah dari sebuah pertengkaran atau sebuah perselisihan, kita harus bisa memandang sebuah perselisihan dari sudut positifnya. Kita anggap perselisihan bukan sebuah pertengkaran tapi sebuah diskusi dan adu argumentasi antar dua pihak. Kalau kia sudah mampu menganggap sebuah perselisihan bukan sebuah pertengkaran maka kita bisa mengambil manfaat dari perselisihan. 

Tahukah sobat, paling tidak ada sepuluh manfaat yang bisa kita ambil dari sebuah perselisihan, Apa sajakah itu? 

  • Pertengkaran Bisa memberikan ide-ide baru 
Ketika bertengkar, kedua belah pihak biasanya akan saling megoreksi dan memperlihatkan kesalahan lawannya masing-masing. Kalau di sikapi dengan baik hal itu bisa menjadi pemicu dari munculnya ide-ide baru untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah mereka lakukan. 


  • Bisa tahu apa yang di inginkan oleh orang lain 
Ketika bertengkar orang akan hilang rasa sungkan dan malunya untuk mengungkapkan segala unek-uneknya yang selama ini di pendam dalam hati. Melalui pertengkaran semua perasaan, unek-unek, dan semua keinginan dengan sendirinya akan terbongkar. 


  • Pertengkaran bisa merangsang seseorang untuk belajar fleksibel 
Dalam sebuah perselisihan kedua belah pihak akan berusaha untuk meyakinkan lawannya akan kebenaran pendapat masing-masing. Kalau kita berselisih dengan adil, kita juga harus belajar menerima pendapat orang lain di samping belajar meyakinkan orang lain akan kebenaran pendapat dan keyakinan kita.


  • Pertengkaran akan mengajarkan kita akan pentingnya belajar mendengar dan menyimak 
Perselisihan tidak akan berakir kalau kedua pihak tidak mau mengalah dan mendengarkan pendapat lawan bicaranya. Perselisihan baru bisa berakir kalau salah satu pihak mengalah dan mau mendengarkan lawan bicaranya dan berusah mengetahui maksud dan keinginan lawan bicaranya sebelum menyerangnya dengan kata-katanya. 


  • pertengkaran akan membuat orang belajar memahami kepribadian orang lain
Di saat terlibat pertengkaran, seseorang akan tahu dan memahami sikap, pola pikir dan watak lawannya. Hal tersebut sangat baik karena akan membuat dia menjadi lebih hati-hati ketika suatu saat berurusan lagi dengan lawannya tersebut. 


  • Pertengkaran akan membuat orang belajar untuk mencari solusi 
Dalam pertengkaran tentu sangat membutuhkan solusi atau jalan keluar. Dan itu merupakan salah satu hikmah dari sebuah perselisihan. Kemampuan mencari solusi. Pertengkaran akan membuat pelaku menjadi lebih dewasa dengan kemampuan mencari solusi. 


  • Melatih diri untuk berkomunikasi 
Kalau kita sering bertengkar, maka kemampuan kita dalam hal bertengkar makin hebat..hahah. Bukan berarti kita harus sering bertengkar tapi dengan bertengkar kita akan menjadi orang yang siap bertempur dan berjuang untuk menyelesaikan masalah. 


  • Pertengkaran membuat kita akan menjadi orang yang mampu mengontrol diri 
Kalau kita mengambil sisi positif dari sebuah pertengkaran kita dapat mengambil hikmah bahwa pertengkaran akan membuat kita belajar mengontrol emosi diri, semakin bijak dalam menghadapi masalah dan arif dalam mengambil sikap. 


  • Pertengkaran membuat kita memahami perbedaan 
Setiap menusia pasti mempunyai perbedaan , kalau kita tidak memahami setiap perbedaan, pertengkaran pasti tidak akan bisa di hindari. Tapi dengan pertengkaran itu terkadang kita baru menyadari akan perbedaan antara kita. 


  • Pertengkaran bisa membentuk reputasi 
Reputasi anda di kalayak umum kadang bisa terbentuk oleh sebuah pertengkaran. Control diri yang di miliki anda akan menentukan reputasi anda di kalayak umum.


Blog, Updated at: 07.19

0 komentar:

Posting Komentar