Ahli Matematika Terhebat Di Dunia Sepanjang Masa

Posted by



Ahli Matematika
Ahli Matematika Terhebat Di Dunia Sepanjang Masa - Matematika berasal dari bahasa yunani: μαθηματικάmathēmatiká, adalah ilmu yang mepelajari besaran, struktur, ruang dan perubahan.  Para ahli matematika mencari berbagai pola untuk  merumuskan konjektor  baru, dan dengan menggunakan metode deduksi yang ketat di turunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian mereka membangun kebenaran. 


Matematika berkembang pesat di Tiongkok pada tahun 300 SM, juga berkembang di India pada tahun 100 SM, dan berkembang di Arab pada tahun 800 M, hingga sampai pada zaman Renaisanse sampai berlanjut sampaui sekarang.


Pada Perkembangannya sekarang, matematika digunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu teknik, ilmu alam, ilmu kedokteran dan ilmu-ilmu social seperti ilmu ekonomi dan psikologi. Dan kadang-kadang mengarah pada pengembangan disiplin-disiplin ilmu yang sepenuhnya baru, seperti ilmu statistika dan teori permainan. 



Tapi tahukah anda siap saja yang berjasa dalam penemuan ilmu-ilmu matematika. Ini dia mereka :   



  • Leonhard Euler
Sebutan Raja matematika atau matematikawan melekat pada ilmuwan ini. Leonhard Euler adalah ilmuwan bermata buta yang sangat jenius. Dia adalah seorang ahli matematika jenius di zamannya ( abad 18 ). Kecerdasannya menyamai Albert Einstein. Untuk analisis matematika, Leonhard Euler memperkenalkan sebagian dari termonologi matematika kontemporer dan notasi.. Karyanya yang terkenal diantaranya matematika unggulan bidang mekanika, dinamika fluida, optik, dan astronomi.
 



  • Pythagoras
Penemu rumus Pythagoras ini adalahh ilmuwan ahli di bidang trogonometri. Teorinya Pythagoras adalah teori dasar dari beberapa perhitungan matematis. Pythagoras adalah bagian dari ilmuwan bidang matematika paling terkenal di dunia. Pythagoras di juluki Bapak Matematika Modern karena Karya-karyanya yang sangat luar biasa dan hasilnya begitu akurat hingga sekarang. 





  • Aryabhata
Di lahirkan di Kerala India. Angka Nol dan Nilai Pi adalah temuannya, dan dia juga merupakan orang yang pertama kali mengatakan bumi itu bulat. Aryabhata ini bisa dibilang sebagai matematikawan dan astronom terbesar yang dilahirkan di benua Asia. Aryabhata merupakan orang yang membuat kemajuan mendasar dalam menemukan panjang akord lingkaran, dengan menggunakan setengah chord berbeda dengan teknik akord lengkap yang digunakan oleh orang Yunani. Aryabhata yang memperkirakan dan menemukan nilai pi dengan menyimpulkannya menjadi 3,1416. Dan dia juga yang memberikan dan menemukan metode untuk mengekstraksi akar kuadrat, aritmatika dan masalah matematika lainnya. 



  • Isaac Newton
Dia sangat terkenal sebagai salah satu ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia sepanjang masa oleh masyarakat umum, tapi sebenarnya dia sangat unggul dalam bidang matematika. Isaac Newton adalah orang yang di belakang hukum gerak dan teori gravitasi universal serta dia juga yang telah membuat dan menemukan rumus kalkulus. Dengan karya-karyanya Isaac Newton telah membuat kontribusi besar dalam bidang matematika. 
 



  • Archimedes.
Merupakan salah satu ilmuwan terkemuka di zaman klasik, Dan Archimedes juga merupakan salah satu ahli matematika terbesar yang pernah menginjakkan kaki di planet bumi. Archimedes menggunakan metode kelelahan untuk menghitung luas di bawah busur parabola dengan penjumlahan dari seri terbatas dan dengan perkiraan yang sangat akurat dari pi yang dianggap sebagai salah satu karya terbesar oleh umat manusia. 





  • Bhaskara II

Lahir pada tahun 1114 M di Vijjadavida (Bijapur, Karnataka) India, Dia adalah ahli matematika paling terkenal dari India kuno, Baskara adalah orang pertama menemukan teori bahwa setiap nomor dibagi dengan nol adalah tak terhingga. Karyanya yang paling terkenal adalah Siddhanta Siromani, yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu Leelavati (sebuah buku tentang aritmatika), Bijaganita (aljabar), Goladhayaya (bab tentang dunia bola-langit), dan Grahaganita (matematika planet). Bhaskara, juga dikenal sebagai bapak kalkulus diferensial, dirumuskan chakrawal, atau metode siklik, untuk menyelesaikan persamaan aljabar. 600 tahun kemudian, matematikawan Eropa seperti Lagrange, Galois dan Euler menghidupkan kembali metode ini dan menyebutnya 'siklus terbalik'. Di bidang astronomi, Bhaskara terkenal karena konsep gerak sesaat (Tatkalikagati). 





  • Srinivasa Aaiyangar Ramanujan.

Dia lahir dari sebuah keluarga miskin di Erode di Tamil Nadu, Ramanujan sebagian seorang yang otodidak. Dengan hampir tidak ada pelatihan formal dalam matematika murni, keajaiban matematika telah dibuat olehnya dia memberikan kontribusi untuk analisis matematika, teori bilangan, seri terbatas, dan pecahan. Ramanujan terus mengembangkan penelitian matematikanya sendiri dalam keterpencilan. Namun sayangnya dia meninggal di usia 32 tahun karena tuberkulosis.

 


Blog, Updated at: 00.33

0 komentar:

Posting Komentar