Ciri-Ciri Anak Yang Terkena Penyakit Autisme

Posted by

Anak Autis
Ciri-Ciri Anak Yang Terkena Penyakit Autisme - Apakah autisme itu? akhir-akhir in Autisme menjadi fenomena yang sangat mencemaskan para orang tua. autisme merupakan gangguan tumbuh kembang anak yang berat dan komplek, yang akan di alami oleh anak seumur hidupnya. Gejala autisme sebenarnya sudah terdeteksi sejak usia anak di bawah 3 tahun. Beberapa ahli masih memperdebatkan masalah klasifikasi autisme ini. Namun mereka sepakat dengan istilah autistic spectrum disorder atau gangguan dengan spektrum autistik. autisme muncul dalam beberapa tingkatan, dari tingkat yang ringan sampai tingkat yang berat.


Bagaimana Gejalanya? Gejala/Perilaku pada anak yang mengalami autistik di antaranya :
  1. Menolak untuk melakukan kontak mata.
  2. Anak mempunyai kecendrungan memperlakukan manusia seperti benda.
  3. Keterikatan sanganak kepada sang ibu hanya sebatas pada bagian tertentu dari tubuh sang ibu atau pengasuhnya.
  4. Mengalami hambatan perkembangan kemampuan bahasa dan berbicara, meskipun sang anak memiliki tingkat kecerdasan (IQ) di atas rata-rata atau IQ yang tinggi.
  5. Sang anak akan tampak hidup di dunianya sendiri, tidak berhubungan dengan lingkungan di luar dirinya.
  6. Kurang mempunyai kemampuan merespon atau kurang responsif.
  7. Sangat menyukai hal-hal atau kegiatan yang berulang-ulang, seperti memukul-mukul benda atau bahkan membentur-benturkan dirinya. Selain itu juga, kegiatan bermain pura-pura (kayal) tidak akan muncul pada anak penderita autisme.  

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukan penyebab autis. Namun banyak ahli mengatakan bahwa autisme terkait dengan faktor genetik. Hal ini di perlihatkan dengan di temukannya 7 gen dalam sebuah penelitian yang berhubungan dengan autisme. Pada kenyataannya, memang terdapat beberapa gen yang dapat menimbulkan gejala autisme pada anak. Namun para ahli belum menemukan secara pasti bahwa di temukannya gangguan pada pertumbuhan sel otak pada masa janin.


Di maerika Serikat, satu dari 500 anak kemungkinan menderita gejala autisme. Dalam banyak kasus, 20% anakautis tidak memperlihatkan gejala sampai umur 2 tahun. Melalui sebuah daftar diagnosis CHAT (Checklist for Autism in Toddlers), autis dapat di deteksi saat anak berusia 18 bulan sampai dengan usia 3 tahun.


jika anda melihat adanya gejala autisme yang mencolok dalam rentang usia tersebut, segera konsultasi dengan dokter ahli untuk segera di rujuk dengan seorang psokolog agar segera di tangani.


Terima kasih dan semoga bermanfaat!!


Blog, Updated at: 00.32

0 komentar:

Posting Komentar