Gerakan Shalat Subuh Berjama'ah Untuk Mengatasi keterpurukan Negara

Posted by



“Siapa yang menunaikan sholat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah.Maka, janganlah kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu (selain dari Shalat ) yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir ke dalam api neraka”. ( HR Muslim )

Hadits di atas jelas menggambarkan keutamaan shalat Subuh  bahwa siapapun yang melaksanakannya selalu dalam jaminan Allah SWT.

Gerakan Shalat Subuh Berjama'ah Untuk Mengatasi keterpurukan Negara - Saat ini memang terus menjadi perhatian kita semua umat Islam, Shalat subuh  merupakan  waktu shalat yang paling sulit untuk di lakukan jika di bandingkan dengan 4 waktu shalat lainnya. Justru karena factor kesulitannya itulah maka Allah SWT memberikan jaminan dan garansi bagi siapapun yang melakukannya maka akan di berikan segala kemudahan dalam setiap urusannya. Jika setiap individu bisa melaksanakannya maka rahmat Allah SWT akan turun kepada kita. Akan sangat luar biasa apabila shalat Subuh bisa di laksanakan secara bersama-sama ( berjamaah ) dan di laksanakan secara massif, niscaya segala kemudahan yang telah di janjikan oleh Allah SWT akan datang.


Di Kabupaten  Indramayu dan di Indonesia secara luas, Kondisi Shalat Subuh berjama’ah  sungguh masih  sangat memperihatinkan. Bisa di lihat di Masjid-masjid dan di Mushola-mushola setiap kali Shalat Subuh datang maka bisa di pastikan jama’ah yang mengikutinya bisa di hitung dengan jari. Hal ini jadi bahan perenungan kita.


Sekarang mari kita lihat kondisi kekinian di tengah Negara kita ini, berbagai persoalan terus menderu dan entah sampai kapan permasalahan tersebut bisa diatasi . Masyarakat terus di beri janji-janji manis bahwa kondisi akan terus membaik sesuai dengan suksesi kepemimpinan. Namun demikian, kenyataan itu justru mengubur mimpi-mimpi dan harapan masyarakat bahwa yang di rasakan sampai dengan detik ini kondisinya tidak lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya.


Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam seharusnya sudah sejak awal rahmat Allah sudah di turunkan pada Negara ini. Tapi entah mengapa, walaupun kita sudah men-justice sebagai umat beragama islam, berbagai persoalan itu terus bermunculan seolah enggan meninnggalkan kita.
Mari kita tengok Negara Turki, Negara Islam yang berada di Eropa timur dan terus di bawah tekanan sekulerisme Eropa mencoba untuk merehabilitasi diri dengan jalur agama dan politik yang di nilai cukup berhasil. Islam adalah agama terbesar di Turki sejak zaman kesultanan Ustmaniah menguasai Turki pada tahun 1400-an dan pemeluk Islam di Turki semakin banyak. Sekarang sekitar 99,8% penduduk Turki Bergama Islam.


Kini  Negara tersebut telah menampakan diri di atas suatu pondasi yang sangat kuat meskipun berbagai badai  menghadang di perjalannya. Turki telah menjelma menjadi suatu Negara islam yang modern yang sangat luar biasa yang di topang oleh kebijakan politik dari pemimpin yang sangat kuat. Salah satu yang menjadi perhatian dunia dan Negara-negara muslim lainnya adalah “ Gerakan Shalat Subuh berjama’ah di Masjid”. Gerakan ini telah memutar balikan keadaan Turki dan kebiasaan umat Islam di Negara tersebut. Data dari berbagai sumber menyebutkan bahwa pembangunan nasional Negara Turki sangat luar biasa tanpa bantuan pinjaman luar negri. Di bandingkan dengan Negara Indomesia yang sekarang hutangnya mencapai ratusan triliun.


Turki yang dahulu merupakan Negara miskin yang terlilit utang sekarang menjadi Negara yang status hutangnya terus mengalami penurunan. Malah Turki sekarang menjadi Negara yang mampu memberikan utang pada Negara miskin Lainnya. Turki mampu membuat 52 airport di seluruh negrinya hanya dalam jangka 5 tahun saja. Bahkan mampu mencetak simpanan ( cadangan ) devisa sebesar 126 miliar dolar. Demikian juga pendapatan perkapita nya mengalami peningkatan sehingga lima kali lipat dari sebelumnya.
Pemerintah Turki saat ini mencanangkan3 program nasional, yakni
  • Gerakan Shalat Subuh Berjamah di Masjid 
  •  Gerakan Infaq Sodaqoh 
  •  Gerakan Ekonomi Ummat

Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di masjid mendapat sambutan yang luar biasa  dan  mencengangkan. Ketika shalat Subuh berlangsung akan di dapati suatu pemandangan yang luar biasa yakni masjid penuh seperti waktu shalat Jum’at. Para remaja datang ke masjid dengan membawa mobil-mobil mewah dan di parkir di halaman masjid. Ternyata shalat Subuh Bersama di masjid Menghasilkan rahasia yang menakjubkan. Berbagai kesulitan nasional Turki bisa dengan mudah di pecahkan dengan mulus dan lancar.  

Rosululloh SAW bersabda : “ dua rokaat fajar ( shalat sunah sebelum shalat Subuh ) lebih baik daripada dunia danseisinya” ( HR. Muslim )Dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat Subuh dan isya’ maka mereka akan mendatanginyawalau dengan merangkak ( HR. Bukhory )


Lalu apa yang menghalangi kita untuk shalat Subuh bersama di masjid, padahal shalat Subuh merupakan sumber  dari segala sumber cahaya di hari kiamat. Pada hari itu segala sumber cahaya akan di padamkan kecuali cahaya shalat Subuh berjamaah yang akan di berikan kepada orang mu’min.  

Rosululloh SWA bersabda: “ Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan ( subuh dan isya’) menuju masjid dengan cahaya terang pada hari kiamat” ( HR. Abu Dawud,At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah ) 


Turki merupakan contoh yang nyata bahwa shalat Subuh di masjid banyak memberikan keberkahan. Kita tidak perlu malu untuk meniru Turki, kita bisa menggalakan shalat Subuh berjama’ah di masjid, insya allah umat islam di Indonesia akan mengalami kejayaan, terlebih hal itu di terapkan di lingkup daerah maka daerah tersebut akan mendapatkan keberkahan yang luar biasa.



Terima kasih dan semoga bermanfaat!! 


Blog, Updated at: 08.12

0 komentar:

Posting Komentar